Sabtu, 14 November 2015

Budidaya Perairan


Profil Singkat HMPS BUDIDAYA PERAIRAN

KOMPETENSI UTAMA
Mampu menerapkan IPTEKS akuakultur yang berwawasan lingkungan.
Mampu menciptakan unit-unit produksi akuakultur sebagai media belajar maupun unit penggalangan dana (produktif).
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian dalam bidang akuakultur berwawasan lingkungan serta menginterpretasikan hasilnya secara profesional.
Mampu belajar sepanjang hayat, berpikir analitis dan sintesis dalam penyelesaian masalah di lingkup global dan dalam hidup bermasyarakat.
Mampu mengelola sistem produksi akuakultur secara efektif dan produktif sesuai kaidah akuakultur berwawasan lingkungan.
Berani memulai, melaksanakan dan mengembangkan usaha inovatif bidang produksi akuakultur berwawasan lingkungan.

KOMPETENSI PENDUKUNG
Memiliki kepekaan pada masalah sosial budaya masyarakat terkait pengembangan akuakultur dan mampu berkomunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
Mampu bekerjasama dalam tim yang multidisiplin
Memahami etika akuabisnis yang berwawasan lingkungan

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN
Kompetensi lainnya/pilihan lulusan adalah seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab khususnya yang berkaitan dengan keunggulan dari PS ini. Kompetensi lainnya/pilihan lulusan adalah hasil pembelajaran dalam mata-kuliah mata-kuliah yang dipilihnya selama masa studi S-1, apakah itu wydia selam, apresiasi komputer, maupun AMDAL. Dengan kompetensi yang dimiliki tersebut, diharapakan lulusan memiliki keunggulan kompetitif & komparatif dengan lulusan PS sejenis dari perguruan tinggi lain.

TUJUAN DAN SASARAN PS BUDIDAYA PERAIRAN UNPATTI
TUJUAN PROGRAM STUDI BDP
Menghasilkan sarjana perikanan yang memahami, menguasai dan menerapkan IPTEKS akuakultur yang berwawasan lingkungan.
Menciptakan unit-unit produksi akuakultur sebagai media belajar mahasiswa, dosen dan stake holder serta sebagai unit penggalangan dana menuju lembaga yang otonom.Menghasilkan lulusan sarjana perikanan yang mampu berkarya sebagai pelaku di bidang akuakultur, peneliti, pendidik, manajer, usahawan (entrepreneur) dan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di bidang akuakultur.

SASARAN PROGRAM STUDI

1). Organisasi dan Manajemen
Secara kelembagaan, seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan terutama yang ada dalam Program Studi Budidaya perairan memahami dengan baik visi,misi, tujuan serta sasaran dari Program Studi BDP.
Implementasi dan aksesibilitas sistem informasi manajemen akademik, kemahasiswaan dan alumni, keuangan dan fasilitas berjalan dengan baik dan lancar.
Memiliki mekanisme kepemimpinan PS yang berlangsung secara teratur dan periodik untuk setiap 4 tahun. Kepemimpinan yang diharapkan tersebut harus memiliki kredibilitas, akuntabel serta adil dan transparan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu aspek kemampuan berorganisasi, operasional dan mampu berinteraksi secara luas merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin dalam Program Studi BDP.
Secara manajerial, tersedianya dokumen operasional yang meliputi perencanaan, organizing, staffing, actuating dan controling merupakan komponen manajemen penting yang harus dimiliki dalam PS di waktu mendatang. Secara fungsional implementasi dari seluruh prinsip manajemen dimaksud merupakan sasaran yang harus dicapai termasuk dalam hal merencanakan target kinerja, membuat program tahunan (annual work plan), merencanakan alokasi dan pengelolaan dana (budget).
Terbentuknya kelompok staf dosen berdasarkan pada bidang ilmu yang ada dalam Program Studi Budidaya Perairan. Terciptanya kerjasama yang baik antara kelompok dosen dimaksud dengan unit penjaminan mutu pada tingkat Fakultas maupun Universitas.
2) Penyelenggaraan Pendidikan Sarjana Strata 1 (S1).
Pemberlakuan kurikulum berbasis kompetensi dan menjamin konsistensi struktur kurikulum.
Pencapaian masa studi 4-5 tahun di atas 50%.
Tercapainya IPK mahsiswa ≥ 3,0.
Terjadinya peningkatan kualitas calon mahasiswa dan daya tarik program studi secara signifikan dari rata-rata 25 mahasiswa per tahun menjadi 30- 35 per tahun
Pelayanan pembimbingan akademik (PA) ≤ 20 mahasiswa/Penasihat Akademik dengan frekuensi pertemuan minimal 4 kali/semester.
Adanya mekanisme untuk menjaring umpan balik dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan yang ada di PS, alumni serta pengguna lulusan dari PS Budidaya Perairan.
Tersedianya SAP, SILABI, GBPP untuk setiap mata kuliah yang memberikan deskripsi jelas tentang setiap mata kuliah.
Tersedianya dokumen/panduan praktikum untuk tiap mata kuliah dengan SKS 3 (yang melaksanakan kegiatan praktikum).
Program evaluasi terhadap kurikulum setiap 5 tahun.
Tersedianya bahan/buku ajar terutama untuk semua mata kuliah inti dan keahlian, serta tersedianya mekanisme bank soal.
Tersedianya panduan penulisan skripsi yang dapat dimiliki oleh setiap mahasiswa PS BDP.
Adanya mekanisme dan program evaluasi terhadap proses belajar mengajar secara berkala (di saat yudisium setiap tahun).
Tersedianya bahan pustaka (buku teks, jurnal ilmiah, majalah dll) internasional maupun nasional di bidang budidaya yang cukup untuk menunjang proses belajar mengajar dan penelitian dosen.
Tersedianya laboratorium beserta sarana dan prasarana pendukungnya.
Tersedianya sarana dan sistem informasi pengelolaan data untuk membantu proses belajar mengajar tetapi juga untuk penyebarluasan informasi tentang penyelenggaraan PS BDP (web site, e-mail adress dan blog).
3). Staf Pengajar dan Kependidikan
Staf pengajar minimal berpendidikan S2 dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi PS BDP > 90%.
Staf penunjang sudah didominasi oleh sarjana dan diploma.
Terbentuknya kelompok dosen sesuai dengan bidang keahlian.
Tersedianya pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan yang mencakup ketiga bidang tugas (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat).
Peningkatan jumlah dosen tetap dengan jabatan lektor kepala dan guru besar dengan bidang keahlian sesuai dengan kompetensi PS BDP > 50%.
Peningkatan jumlah dosen PS BDP yang telah memiliki sertifikat pendidik profesional.
Adanya tenaga kependidikan (laboran, teknisi) dan peningkatan kualitas kemampuan (skill) melalui pelatihan, workshop, seminar dan lainnya.
Penataan ruang kerja dosen PS BDP yang memenuhi standar kelayakan untuk bekerja dan untuk melakukan pelayanan akademik lainnya seluas lebih dari 4m2
4). Kegiatan Penelitian
Judul penelitian terus meningkat melalui pembiayaan bersifat kompetisi (DIPA, HB, RUT, RUK, dll.).
Publikasi staf pengajar rata-rata 1 publikasi/staf/tahun sesuai dengan bidang keahlian dan kompetensi PS BDP.
Persentase staf terlibat dalam penelitian lebih dari 60%.
Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen PS BDP terus meningkat tiap tahun.
5). Kegiatan Kerjasama Profesional dan Pengabdian Masyarakat
Jumlah kontrak kerjasama rata-rata 2-3 kontrak/tahun baik di dalam negeri maupun di luar negeri
Persentase staf dosen PS BDP terlibat dalam kerjasama profesional dan akademik lebih dari 30%.
6). Pembinaan Mahasiswa dan penguatan jaringan Alumni
Pengembangan dan penguatan jaringan kerja sama alumni yang tersebar luas di berbagai daerah dan lembaga yang ada.
Kontrak penelitian, kerja sama profesional dan komersialisasi produk, serta jasa.
Perbaikan dan peningkatan kualitas sistem rekruitmen dan seleksi calon mahasiswa baru untuk memperoleh calon mahasiswa yang bermutu dengan rasio lebih besar dari 6 sesuai dengan daya tampung PS BDP yang ada.
Partisipasi mahasiswa dari PS BDP yang mengikuti berbagai lomba dan memperoleh penghargaan diberbagai bidang baik dalam lingkup Unpatti, regional, nasional maupun internasional.
Adanya layanan soft skill terhadap mahasiswa PS BDP, baik yang diberikan oleh staf PS BDP sendiri melalui program ekstra kurikuler bekerja sama dengan HMPS BDP maupun oleh staf dari luar PS BDP.
Terciptanya mekanisme komunikasi dan pelacakan alumni PS BDP.
Terjadinya suasana akademik yang harmonis antara mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan (seminar, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama).
Adanya umpan balik mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM di PS secara berkala dan terkoordinasi.
    
VISI DAN MISI PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN UNPATTI AMBON
VISI
“Menjadi pusat studi akuakultur berkualitas tinggi, dengan lulusan yang menguasai dan memanfaatkan IPTEKS berbasis kepulauan dan berdaya saing global”.
(Become center of high quality aquaculture studies, with expert and professional graduate in applying science, technology and art of island based aquaculture and global competition)

MISI
Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan prinsip pemerataan dan perluasan akses akademik bagi semua peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang berintegritas, dan berbudaya serta berdaya saing global.
Menggalang kemajuan penelitian yang menopang pendidikan dan kemajuan IPTEKS akuakultur.
Menggalakkan pengabdian pada masyarakat berlandaskan tanggung jawab sosial sebagai wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ada.
Meningkatkan kapasitas yang akuntabel dan pencintraan publik melalui kerjasama dengan stake holder dibidang akuakultur.Melaksanakan manajemen penjaminan mutu berbasis teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma dibidang akuakultur yang berkelanjutan.

Salam sejahtera!
Kita tak dapat pungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi telah memberikan atmosfir baru dalam meningkatkan kualitas pribadi maupun organisasi/institusi manapun. Dalam menjawab tuntutan kemajuan TI itulah, Program Studi Budidaya Perairan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, dengan rendah hati dan tulus ingin memperkenal diri di hadapan para netter mania (pengguna media internet) melalui blog ini. Selain itu, bagi semua stakeholders (pemangku kepentingan) budidaya perairan (akuakultur) blog ini sebagai media informasi dan komunikasi yang intensif dan saling membangun dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah dirumuskan oleh Program Studi.
"HOTU MESE"

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.